17 Cara Melihat Peluang Bisnis di Sekitar Agar Sukses Lancar

  • by
Gambar 1 Peluang bisnis adalah

Penting buat pemula untuk tahu cara melihat peluang bisnis di sekitar kita. Inilah bekal awal supaya bisnisnya bisa lancar dan sukses ke depan.

Ketika bisa membaca peluang, Anda bisa menciptakan sebuah bisnis yang lebih menjanjikan karena pasti dibutuhkan oleh banyak orang. Artinya, usaha tersebut akan membuka kesempatan yang lebih lebar untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa poin penting yang bisa dilakukan untuk melihat peluang usaha. Selamat menyimak.

Peluang bisnis adalah

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti, sebagai pemula hendaknya Anda tahu apa definisi peluang bisnis.

Peluang bisnis adalah

Peluang usaha atau bisnis adalah sebuah kesempatan untuk melakukan usaha dengan dibarengi kegiatan atau aktivitas tertentu guna mendatangkan keuntungan dan manfaat.

Dalam definisi di atas, Anda perlu menggaris bawahi kata “keuntungan dan manfaat”. Artinya, untuk setiap peluang usaha yang diambil, Anda tidak hanya berpegang pada laba atau keuntungan dalam bentuk uang semata. Melainkan juga memilih peluang kegiatan yang bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Hal ini penting, sebab tanpa bisa memberikan manfaat kepada orang lain, bisnis jelas tidak akan bisa memberikan dampak positif dan bisa jadi tidak dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar Anda.

Keuntungan dan manfaat tersebut juga harus berjalan secara beriring dan berkelanjutan supaya bisnisnya dapat berumur panjang dan tidak mandek di tengah jalan.

Secara sederhana, perlu dipahami bahwa peluang bisnis berarti tidak hanya sebuah peluang atau kesempatan untuk mendapatkan laba dan memperkaya diri dengan uang. Tetapi juga seberapa manfaat bisnisnya untuk khalayak ramai.

Dengan pola berpikir seperti ini, saat mencari peluang usaha Anda akan berangkat dari pemanfaatan bisnisnya untuk orang lain, tidak hanya untuk diri sendiri.

Strategi untuk menentukan peluang bisnis

Secara teori, ada beberapa strategi yang perlu dicermati dalam menentukan peluang usaha. Kita sering menyebut strateginya dengan istilah SWOT analysis yang merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat.

Strategi untuk menentukan peluang bisnis

Masing-masing poin punya penjelasan masing-masing, berikut ini pembahasan selengkapnya:

Strength atau kekuatan

Saat hendak memilih atau mengambil sebuah peluang bisnis, Anda perlu mengetahui kekuatan apa saja yang dimiliki oleh usaha tersebut. Poin kekuatan ini dapat dilihat langsung dari nilai lebihnya, sebagai contoh:

  • Usahanya mengikuti tren terkini sehingga peluangnya besar di masa depan.
  • Modalnya kecil dengan profit margin yang besar.
  • Dapat dilakukan tanpa perlu mencari lokasi yang strategis, dll.

Menganalisis kelebihan semacam ini penting sekali seperti saat Anda jadi bisa menganalisis plus minus sebuah nilai usaha.

Weakness atau kelemahan

Anda juga perlu mengetahui kelemahan-kelemahan bisnisnya agar bisa mencari tahu solusinya atau paling tidak meminimalkannya.

Opportunities (kesempatan / peluang)

Setelah menganalisis kelebihan dan kekurangannya, berikutnya silakan analisa perbandingan kelemahan dan kelebihan tersebut sehingga dapat menghasilkan peluang yang besar atau kecil.

Hitung seberapa besar nilai plus dan minusnya bila dijalankan, kemudian bandingkan dengan cermat sehingga bisa diimplementasikan dengan baik dalam tahapan pemasaran nantinya.

Threat (ancaman)

Ancaman atau risiko usaha yang mungkin dihadapi ketika bisnisnya berjalan juga perlu Anda waspadai. Contohnya adalah persaingan yang sangat tinggi, tren yang sering berubah seperti di dunia fashion, dan yang lainnya.

Dengan mempertimbangkan berbagai aspek sebagaimana disampaikan di atas, maka Anda bisa menemukan peluang bisnis terbaik.

Cara melihat peluang bisnis bagi pemula

Cara melihat peluang bisnis bagi pemula

Berikut ini tahapan-tahapan mudah untuk dalam cara menemukan peluang usaha:

1. Melihat ke diri sendiri

Cobalah lihat diri Anda sendiri, kira-kira apa yang Anda butuhkan atau keahlian apa yang Anda punyai yang apabila hal tersebut dikembangkan bisa bermanfaat untuk orang lain.

2. Mengecek potensi langsung ke lingkungan sekitar

Masing-masing daerah punya potensi sendiri-sendiri. Coba lihat potensi yang ada di sekitar Anda dan temukan mutiara yang terpendam di sana.

Sebagai contoh, di daerah Anda banyak konveksi jilbab namun mayoritas pemiliknya masih menggunakan cara konvensional untuk memasarkan produk.

Sebagai generasi milenial yang lebih paham digital, Anda bisa bekerja sama untuk menjualkan produk melalui dunia maya. Mulai dari membuatkan toko online di marketplace, media sosial, hingga website pribadi.

3. Melihat peluang bisnis dari masalah pribadi

Cara melihat peluang bisnis terkadang lahir dari masalah pribadi. Hal semacam ini sudah banyak dilakukan di era sekarang dan terbukti berhasil.

Misalnya, Anda punya masalah berat badan atau obesitas. Kemudian, karena menggunakan sebuah produk tertentu Anda berhasil menurunkan berat badannya, maka ini bisa jadi peluang bisnis yang dapat dikerjakan.

Dengan cara ini, Anda tidak akan membawa manfaat buat orang lain, tetapi juga bisa mendapatkan keuntungan berupa uang. Selain itu, karena berangkat dari masalah pribadi, Anda bisa menjualnya dengan mudah melalui cerita yang inspiratif dan solutif.

4. Mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan masyarakat sekitar

Silakan lakukan riset di masyarakat sekitar tempat tinggal Anda. Kenali apa saja yang mereka butuhkan dan jadikan itu sebagai peluang usaha.

Misalnya, Anda tinggal di daerah yang jauh dari minimarket, loket pembayaran, ATM, atau yang lainnya. Padahal, orang di sekitar sudah melek pembelanjaan online yang membutuh pembayaran secara transfer.

Karena Anda punya layanan ibanking yang aktif, hal ini bisa dijadikan sebagai peluang untuk membuka usaha pembayaran ke marketplace tersebut. Agar mendapatkan laba, Anda bisa mengambil biaya administrasi.

5. Update wawasan yang sedang tren

Banyak sekali informasi usaha yang trending di daerah-daerah yang ada di Indonesia. Untuk mendapatkan ide usaha yang paling pas, silakan update terus wawasan Anda.

6. Menduplikasi usaha dari daerah lain

Tidak ada salahnya menggunakan prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) untuk menemukan peluang usaha yang paling cocok.

Salah satunya adalah dengan menduplikasi usaha yang berkembang di daerah lain dan memboyongnya ke daerah Anda.

Misalnya, bila di daerah tempat Anda tinggal sebelumnya angkringan menjadi bisnis yang sangat menguntungkan, silakan coba membuatnya di daerah Anda sekarang.

Namun perlu diperhatikan bahwa duplikasi ini juga tetap harus mempertimbangkan kebutuhan pasar. Pastikan bahwa pilihannya cocok sehingga bisnisnya tidak mudah gulung tikar. Jika memang dirasa tidak cocok diterapkan di daerah Anda, ya jangan dipaksakan.

7. Memulainya dari hobi

Mengerjakan sesuatu dari hobi itu sangat mengasyikkan. Betapa tidak, sambil menikmati sesuatu yang disukai, Anda bisa mendapatkan uang dan bisnisnya juga bermanfaat buat orang banyak.

Memulainya dari hobi

Terlebih, saat menjalankan sesuatu yang disukai, tidak ada rasa lelah yang akan terasa. Semuanya bisa dijalankan dengan rasa bahagia.

8. Bekerja sama dengan mitra bisnis

Kalau Anda sudah sangat bingung mau memulai bisnis yang seperti apa padahal sudah ada modalnya, cobalah cari mitra yang sudah berpengalaman.

Sebelum nyemplung sendiri, silakan jadi investor dulu sambil menambah ilmu sebanyak-banyaknya mengenai usaha.

Carilah mitra yang memang bisa dipercaya dan bisnisnya sudah lancar dengan peluang yang menjanjikan. Pastikan bahwa komunikasinya lancar dan pembagian labanya transparan agar bisa menghasilkan lebih banyak uang.

9. Menciptakan bisnis yang unik

Coba bisnis unik? Siapa takut!

Namanya saja usaha yang unik, tentu tidak ada yang menyamai. Namun, justru di sinilah letak keuntungannya. Usaha yang unik umumnya minim persaingan. Asalkan bisa menggaet banyak pelanggan, maka bisnisnya akan lancar jaya secara berkelanjutan.

10. Take action untuk ide bisnis kecil-kecilan

Jika sekali waktu Anda punya ide bisnis kecil-kecilan, jangan takut untuk segera mengambil aksi dan melakukannya dengan serius. Jangan remehkan ide seperti ini sebab bila dijalankan dengan telaten, hasilnya bisa di luar bayangan.

Kalaupun hasil keuangannya tidak terlalu besar, yang terpenting adalah Anda punya pengalaman yang bisa diterapkan saat sudah siap dengan bisnis yang lebih besar skalanya di kemudian hari.

Misalnya, ada ide bikin usaha es lilin di rumah. Ternyata, tanpa dibayangkan peminatnya banyak dari anak-anak kecil di sekitar Anda. Karena disukai, Anda bisa mengembangkan usaha ini dengan membuka cabang di desa atau daerah lain sehingga skalanya lebih besar.

Siapa tahu sukses karena Allah membersamai niat tulus Anda mencari nafkah!

11. Melihat keahlian diri sendiri dan mewujudkannya dalam bentuk bisnis

Coba cari tahu keahlian apa yang bisa Anda uangkan. Kemudian, tekuni untuk membangun bisnis dari skala kecil.

Melihat keahlian diri sendiri dan mewujudkannya dalam bentuk bisnis

Misalnya, Anda ahli dalam bidang baking. Maka silakan coba buat donat, pizza, atau semacamnya. Buka usahanya dengan sistem delivery order. Siapa tahu peminatnya banyak dan pesanan tidak hanya datang untuk donat dan pizza melainkan juga cake atau yang lainnya.

Bahkan mungkin, jumlah pesanan yang tadinya hanya satu dua bisa sampai puluhan bahkan ratusan jika bisa bekerja sama dengan lembaga-lembaga tertentu untuk menyediakan snack saat mereka ada acara.

12. Mengunjungi acara kreatif

Cara melihat peluang bisnis berikutnya adalah dengan mengunjungi acara kreatif. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan ide kreatif atau menciptakan sesuatu yang bisa bermanfaat dan mendatangkan laba.

13. Membaca buku

Membaca buku

Seringlah membaca buku karena dari sini inspirasi usaha bisa jadi muncul. Jangan hanya fokus pada buku-buku fiksi atau novel. Anda harus coba buku tentang manajemen, majalah ekonomi, bisnis, atau semacamnya.

14. Bergabung dengan komunitas atau jaringan bisnis

Komunitas dan jaringan itu sangat penting dalam perkembangan sebuah bisnis. Tak hanya saat Anda sudah menjalankannya tetapi juga ketika baru mau memulai.

Di Indonesia, ada banyak sekali komunitas atau jaringan yang bisa diikuti. Terlebih, kini sudah banyak komunitas atau network online.

Selain bisa mendatangkan ide bisnis, jaringan semacam ini juga bisa menjadi pemicu dan penyemangat tersendiri untuk bergerak maju bersama-sama.

15. Membaca berita

Inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk salah satunya membaca berita. Banyak berita viral yang kadang secara tidak sengaja mendatangkan ide bisnis.

Misalnya, ketika sering ada berita tentang pendaftaran CPNS. Anda dengan keahlian Matematika dan IPS datang untuk memberikan paket belajar CPNS TIU dan TWK. Dengan mengikuti berita, Anda juga jadi tahu bagaimana menentukan schedule paket belajarnya.

Contoh lainnya, viralnya berita tentang virus corona menjadi berkah buat para pengangguran yang bisa menjahit. Mereka bisa menjahit masker kain kemudian menjualnya baik secara online maupun offline. Modalnya kecil, permintaan tinggi, dan untungnya besar.

16. Browsing di internet

Saat ini, ada banyak sekali artikel yang diterbitkan sejumlah situs bisnis mengenai informasi peluang usaha. Bahkan, masing-masing peluang tersebut dianalisis dengan rinci berikut SWOT dan perhitungan laba ruginya.

Maka dari itu, penting sekali untuk rajin membaca dan mengumpulkan informasi dari platform online ini supaya mudah dalam menemukan inspirasi.

17. Bertemu teman atau kerabat yang pebisnis

Jika Anda punya teman atau kerabat yang sudah lebih dulu masuk ke dunia bisnis, maka tidak ada salahnya untuk bersilaturahmi dan membahas tentang usaha.

Kadang, pebisnis semacam ini punya ide brilian tapi belum sempat menjalankannya karena sudah fokus di usaha lainnya.

Selain itu, ide bisnisnya juga bisa Anda kembangkan asalkan beda daerah.

Bagaimanapun, rezeki memang sudah diatur dan ditakar oleh Allah. Tak ada yang tertukar sama sekali. Meski begitu, tetap penting bagi kita semua untuk melakukan cara melihat peluang bisnis di atas agar dapat menghasilkan uang dan bermanfaat buat banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *