10 Peluang Usaha Agen Terbaru yang Menguntungkan di Desa Kota

  • by
Peluang usaha agen jenis layanan atau jasa

Mau coba peluang usaha agen? Pilih yang produknya pasti laku agar tidak merugi. Temukan rekomendasinya dalam artikel ini.

Agen adalah orang yang menjadi perantara antara distributor dengan retailer atau konsumen akhir. Artinya, produk yang dibeli umumnya banyak dan transaksinya pun tergolong lumayan besar.

Hal ini membuatnya menjadi salah satu bisnis yang berpotensi dapat menghasilkan uang banyak dalam waktu yang singkat.

Dengan kondisi tersebut, tidak heran jika banyak orang yang berminat untuk menjalankannya.

Jika Anda pun berminat, maka perlu diketahui bahwa untuk menjadi agen kadang diperlukan modal yang besar, namun kadang tidak butuh sama sekali alias tanpa modal.

Untuk produk, Anda bisa menawarkan produk yang berbasis barang, bisa juga dalam bentuk jasa atau layanan. Jadi, tinggal pilih mana yang sesuai dengan preferensi dan kemampuan.

Untuk lebih jelasnya silakan simak sampai akhir.

Peluang usaha agen jenis layanan atau jasa

Peluang usaha agen jenis layanan atau jasa

Di bawah ini adalah beberapa contoh produk jasa yang dijalankan oleh seorang agen:

1. Jasa pengiriman

Ini adalah contoh bisnis yang bisa dikerjakan di kota dan di desa. Potensinya sama-sama besar mengingat saat ini bisnis e-commerce semakin diminati oleh masyarakat.

Bila dulu orang lebih senang beli barang kebutuhan di pasar, kini sudah banyak orang yang memanfaatkan gadget untuk melakukan pembelian.

Ekspedisi atau jasa pengiriman kini membuka peluang untuk orang-orang yang mau membuka bisnis ini. Cukup sediakan tempat yang strategis dan aman saja untuk membuka usahanya.

Pasalnya, bisnis ini membutuhkan tempat yang cukup luas untuk menampung paket yang dikirim dan jalan yang luas untuk keluar masuk kendaraan yang akan mengantar jemput paketnya.

Selain itu, kebutuhan lainnya adalah komputer dan jaringan internet agar usahanya bisa selalu online dan terkoneksi secara terpusat dengan pengguna jasanya.

2. Agen pulsa dan paket data

Pulsa dan paket data merupakan kebutuhan yang sangat mendasar. Tidak hanya di kota besar, tetapi juga di pedesaan.

Kebutuhan ini seiring dengan meningkatnya jumlah pemakai smartphone di Indonesia setiap tahunnya. Di setiap rumah di Indonesia pasti ada lebih dari satu smartphone yang memerlukan pulsa atau paket data minimal setiap bulan.

Maka dari itu, bisnis ini bisa dijalankan di pedesaan maupun di perkotaan. Yang perlu Anda lakukan adalah membina kerja sama dengan pemilik usaha distributor pulsa yang menawarkan harga murah dan pelayanannya bagus.

Selain itu, pasarkan produknya secara langsung kepada konsumen akhir atau retailer-retailer kecil. Retailer ini bisa didapatkan dengan cara membuka sistem member atau upline-downline pada usaha Anda.

Nantinya, member yang bergabung bisa mendaftarkan orang lain sebagai downline. Masing-masing bisa menjual produk pulsa dan paket data sesuai dengan harga masing-masing.

Sistem semacam ini sangat menguntungkan dalam peluang usaha agen pulsa dan paket data karena ada banyak orang yang akan menjadi member dan produknya laku keras.

3. Agen asuransi

Asuransi juga menjadi salah satu produk yang bisa diagenkan. Berbeda dengan dua contoh di atas, Anda harus bekerja sama dengan perusahaan asuransi bila ingin menjalankan usaha ini. Biasanya, agen harus mendaftarkan keanggotaan terlebih dulu kepada asuransinya.

Tidak ada modal yang diperlukan untuk membuka peluang usaha agen ini. Yang Anda perlukan hanya uang untuk membuat polis di asuransinya. Jika sudah terdaftar, Anda bisa mencari orang yang mau membuka polis asuransi.

Ada banyak pilihan perusahaan asuransi yang bisa dipilih, salah satunya adalah Prudential. Biasanya, para agen ini memiliki kantor tersendiri di mana mereka bisa berkumpul dan bertukar pikiran sekaligus mendaftarkan para anggotanya.

Sebagai catatan tambahan, untuk menjadi agen semacam ini seseorang harus lulus ujian AAJI terlebih dulu. Jadi, secara khusus akan ada pelatihan dan ujiannya di waktu tertentu.

4. Menjadi agen properti

Selain asuransi, properti juga menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Jika dalam asuransi, Anda harus mendaftar sebagai member, di properti tidak demikian. Bisa dibilang, ini adalah contoh bisnis tanpa modal.

Pasalnya, Anda hanya perlu memasarkan properti yang ada kemudian mendapatkan komisi dari penjualannya. Hal penting yang perlu dikuasai dalam bisnis ini adalah product knowledge. Pastikan Anda tahu tentang properti dan kelebihan-kelebihannya.

Peluang usaha agen barang

Peluang usaha agen barang

Berikut ini beberapa contoh produk berbentuk barang yang bisa didistribusikan oleh agen:

5. Peluang usaha grosir snack

Snack adalah makanan ringan yang banyak disukai oleh anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Menjadi agen snack dengan sistem penjualan sangat menguntungkan.

Untuk membuka usaha dagang ini Anda perlu menyiapkan modal untuk kulak ke distributor. Atau, Anda bisa menerima kerja sama dengan sales camilannya sehingga proses pengiriman bisa lancar dan menghemat biaya operasional.

Pastikan bahwa pilihan snack-nya disukai oleh anak-anak di sekitar Anda. Sebab biasanya masing-masing daerah punya preferensi camilan sendiri-sendiri yang cukup unik.

6. Berjualan kosmetik

Kosmetik merupakan produk yang laris manis di pasaran. Menyusul semakin banyak wanita yang paham akan skin care dan ingin tampil glowing. Maka dari itu, menjadi agen kosmetik tertentu bisa jadi cara sukses untuk mendapatkan uang.

Peluang usaha agen kosmetik ini terbuka lebar bagi semua orang. Pilihan mereknya pun sangat banyak. Mulai dari lokal sampai impor, semuanya ada.

Produk lokal yang umum dijual biasanya memiliki kelebihan harga yang miring atau murah sehingga cocok buat kelas menengah ke bawah. Sedangkan untuk produk impor Anda bisa menjualnya ke kelas menengah ke atas.

Sistem keagenan produk impor biasanya juga beda. Ada yang pakai sistem MLM dengan menjadikan agen sebagai member atau anggota terlebih dulu.

Silakan pelajari secara detail terlebih dulu sebelum memulai usahanya.

7. Produk herbal

Jika Anda perhatikan, kini ada banyak sekali produk herbal yang laris di pasaran. Mulai dari produk herbal untuk kesehatan hingga kecantikan semuanya punya pangsa pasarnya sendiri.

Salah satu contoh produk herbal yang menerapkan sistem keagenan dan terbukti berhasil adalah herbal untuk diet sehat. Hal ini karena ada banyak orang yang mau menurunkan berat badan tanpa mengganggu kesehatan mereka.

8. Berjualan sembako

Sembako juga menjadi contoh paling laris yang bisa dijual di desa dan kota. Ini adalah kebutuhan utama bagi semua orang. Bisa menjadi agennya akan memberikan Anda keuntungan dalam jumlah banyak.

Peluang usaha agen di desa

Peluang usaha agen di desa

Jika beberapa produk di atas cocok dijalankan di kota dan desa, maka di bawah ini adalah beberapa contoh produk yang sangat cocok untuk dijual di pedesaan:

9. Jualan kebutuhan pertanian

Pertanian merupakan salah satu mata pencaharian terbanyak di Indonesia, khususnya di pedesaan. Pertanian padi, lombok, tomat, dan yang lainnya tentu membutuhkan banyak hal supaya bisa sukses. Mulai dari pupuk hingga alat pertaniannya.

Nah, dari sini Anda bisa menjadi agen pupuk atau kebutuhan pertanian lainnya tersebut. Pasalnya, pupuk merupakan kebutuhan dasar yang bisa membuat pertanian sukses.

Agar keagenannya sukses, Anda bisa membuka sistem kerja sama dengan para petani. Misalnya, mereka bisa mengambil pupuk di tempat Anda dengan harga murah jika mau menjual hasil taninya kepada Anda.

Artinya, selain jadi agen pupuk, Anda juga bisa sekalian menjadi pengepul hasil tani yang hasilnya pasti sangat besar. Khususnya saat musim panen.

10. Agen pakan peternakan

Selain pertanian, desa juga dikenal dengan peternakannya yang bagus. Maka dari itu, Anda bisa membuka peluang usaha agen pakan ternak.

Pakan ternak semacam ini dibutuhkan setiap hari oleh seluruh peternak. Dengan kata lain, usahanya sangat menjanjikan.

Agar cepat sukses, silakan bina kerja sama yang baik dengan para peternak. Anda juga perlu bekerja sama dengan komunitas-komunitas yang ada di sana sehingga penjualannya makin lancar.

Demikian informasi tentang peluang usaha agen yang dapat kami sampaikan. Selain opsi di atas, masih banyak pilihan lain yang bisa dicoba. Misalnya jadi agen mi organik, agen tempe tahu, dan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.