17 Cara Bisnis Parfum Sukses dan Analisa Usahanya Lengkap

  • by
Cara bisnis parfum buat pemula agar bisa sukses

Banyak orang sudah membuktikan potensi bisnis parfum yang besar. Modalnya kecil tapi omset dan keuntungannya besar.

Bisnis ini fleksibel karena bisa dijalankan dari mana saja. Mau di maal, di toko-toko pinggir jalan, hingga rumahan sekalipun, semuanya bisa.

Selain modal dan omset, fleksibilitas ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi usaha jualan parfum.

Apabila Anda mencobanya, pada kesempatan ini kami akan membahas analisanya secara lengkap disertai cara bisnisnya supaya bisa sukses atau berhasil. Selengkapnya, silakan simak sampai selesai.

Analisa usaha parfum yang menguntungkan

Ada banyak hal yang membuat bisnis perdagangan ini sangat potensial. Namun, di lain sisi juga ada risiko atau tantangannya sendiri.

Analisa usaha parfum yang menguntungkan

Di bawah ini adalah beberapa informasi mengenai peluang atau potensi usahanya, risiko, hingga modal yang diperlukan untuk mulai membuka usahanya:

Potensi dan peluang bisnis parfum

Berjualan parfum memiliki potensi yang cukup besar di Indonesia karena:

  • Permintaan parfum semakin meningkat sehingga pangsa pasar semakin luas.
  • Bisa dijual dari mana saja.
  • Modal yang diperlukan fleksibel. Bisa dimulai dari modal kecil.
  • Dapat dimulai dengan sistem usaha dropship tanpa modal.
  • Perlu lokasi strategis, tapi dilakukan ala rumahan juga tak masalah.
  • Produknya ada beraneka macam dan bisa disambi dengan usaha lain seperti jualan pewangi laundry, pengharum, dan yang lainnya.

Selain hal-hal di atas, masih cukup banyak hal lain yang membuat bisnis ini bernilai positif. Anda bisa langsung merasakannya saat terjun langsung.

Risiko bisnis parfum

Selain potensinya, Anda juga harus siap dengan tantangan yang mungkin ada dalam usaha ini. Tantangan ini bisa dibilang sebagai risiko yang mungkin dihadapi saat usahanya sudah berjalan atau sebelum usahanya jalan.

Di bawah ini adalah beberapa risiko atau tantangan usaha jual parfum:

  • Adanya kemungkinan bibit parfumnya berubah bau karena metode penyimpanan yang salah.
  • Sulitnya mencari pelarut etanol yang hanya bisa dijumpai di toko bahan kimia.
  • Persaingannya tergolong banyak. Tidak hanya dari sesama parfum racikan, tetapi juga kemasan yang ada di pemilik usaha ecer atau retail.

Selain hal-hal di atas, masih mungkin akan ada risiko atau tantangan lainnya. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena setiap tantangan pasti ada solusinya.

Yang perlu dilakukan untuk memajukan bisnis parfum adalah tetap semangat dan pantang menyerah untuk menemukan solusi tersebut. Sebab, pengalaman akan mengajarkan Anda bagaimana cara menyelesaikan masalah dalam berbisnis.

Modal bisnis parfum

Selain potensi dan risiko di atas, Anda juga perlu melakukan penghitungan modal dengan cermat supaya usaha jualan minyak wangi ini berjalan dengan sukses.

Adapun contoh perhitungan modalnya adalah:

  • Pembelian etalase sekitar 2 juta.
  • Rak untuk botol sekitar 500 ribu.
  • Keperluan botol-botol dan yang lainnya 2 juta.
  • Kursi untuk pelanggan 200 ribu.
  • Meja untuk kasir 500 ribu.
  • Alat racikan lengkap sekitar 1,5 juta.
  • Deposit untuk daftar agen sekitar 10 juta.
  • Bibit parfum 3 juta.
  • Biaya lain-lainnya 1 juta.

Dengan penjabaran di atas, total dana yang dibutuhkan adalah sekitar 20,7 juta rupiah. Angka ini belum ditambahi gaji karyawan dan operasional lainnya.

Setidaknya, Anda membutuhkan uang 30 jutaan untuk memulai bisnis parfum ini.

Dengan dana tersebut, Anda bisa mengelola bisnis yang cukup menjanjikan. Terlebih jika Anda bisa mencari orang yang minat berbisnis reseller. Pasalnya, reseller itu layaknya cabang baru buat sebuah toko atau usaha Anda.

Seputar paket usaha parfum

Sebagaimana kami sampaikan di atas, ada paket daftar keagenan yang perlu dibayarkan untuk mulai bisnis parfum ini.

Seputar paket usaha parfum

Nah, biaya yang kami tuliskan di atas adalah angka kisaran saja. Sebab, ada juga yang menjualnya dengan harga lebih murah. Misalnya 2,5 jutaan.

Di Shopee dan marketplace lain, ada banyak dijual produk paket usaha serupa. Namun, Anda harus pastikan bahwa produknya berkualitas, bukan penipuan.

Hal demikian dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kemudian hari.

Jika membeli paket usahanya sendiri dirasa terlalu ribet, maka ada cara yang lebih mudah. Yakni dengan mengikuti bisnis waralaba parfum yang sudah banyak tersedia di beberapa situs franchise. Mereknya juga banyak, jadi Anda memiliki opsi yang beragam.

Silakan pilih berdasarkan popularitas, kualitas, dan harga waralabanya jika memang berminat memulai usaha satu ini.

Cara bisnis parfum buat pemula agar bisa sukses

Cara bisnis parfum buat pemula agar bisa sukses

Di bawah ini adalah beberapa metode usaha jualan minyak wangi yang bisa diterapkan agar berhasil:

1. Membuat rencana bisnis

Mulai membuat rencana bisnis adalah langkah awal untuk sukses. Matangkan rencana bisnis parfum ini supaya bisa meminimalkan segala risiko yang mungkin terjadi ke depan.

2. Menciptakan aroma baru

Aroma adalah kekuatan dari usaha ini. Maka dari itu, untuk membuat orang-orang tertarik, Anda bisa menciptakan aroma baru yang enak. Ini jelas akan memberikan nilai tambah buat usaha Anda.

3. Ikuti tren aroma baru

Sama halnya dengan bisnis kosmetik, bisnis parfum juga punya tren tersendiri. Itu berarti Anda juga harus mengikuti tren yang ada jika ingin disukai atau diminati oleh pasar.

4. Membeli botol beragam dan menarik

Ada banyak jenis botol yang bisa digunakan untuk mengemas parfum. Anda harus melengkapi varian botol ini karena masing-masing orang punya preferensinya sendiri-sendiri.

Selain itu, pastikan bahwa botolnya memiliki kualitas yang bagus sehingga aroma parfumnya bisa bertahan lama di dalam botol tersebut.

5. Memperhatikan pengemasan akhir

Tidak hanya botolnya, untuk menciptakan kesan yang baik, Anda juga harus memperhatikan kemasan luarnya. Misalnya ditambahi kain atau pouch khusus agar terlihat lebih berkelas.

6. Menciptakan bisnis parfum merk sendiri

Menciptakan merek sendiri memang tidak mudah. Namun, apabila Anda memang ahli membuat aroma baru yang wangi dan disukai banyak orang, cobalah membuatnya dikenal dengan branding merek sendiri.

7. Bikin situs

Untuk mengenalkan produknya, Anda bisa mulai memuat situs khusus untuk bisnis parfum tersebut. Situs ini bisa menjadi toko online dan blog untuk mengenalkan produknya.

8. Menetapkan harga

Tetapkan harga terbaik yang kompetitif. Anda bisa melakukan riset terlebih dulu ke kompetitor. Selanjutnya, silakan hitung laba dan keuntungan yang diinginkan berdasarkan perhitungan biaya operasional, dan yang lainnya.

9. Memberikan diskon atau promo khusus

Agar usahanya makin ramai, silakan berikan promo dan diskon khusus. Misalnya, memberikan harga khusus bila membeli produknya lebih banyak atau semacamnya.

10. Memutuskan retailer atau konsumennya

Target pasar dalam bisnis parfum itu penting. Maka dari itu, pastikan Anda sudah menentukan target pasarnya dulu. Agar makin mudah diterima, Anda tidak hanya harus memasukkan konsumen akhir ke dalam target tersebut, tetapi juga retail atau para pengecer.

11. Kontrak dengan produsen atau pemasok terbaik

Produsen dan pemasok memiliki pengaruh yang banyak pada bisnis parfum ini. Pasalnya, mereka yang punya produk bibit terbaik yang akan dijadikan minyak wangi.

Maka dari itu, carilah pemasok dan produsen yang memiliki kredibilitas baik dan terpercaya. Jangan sampai salah pilih orang.

Bila sudah menemukannya, buatlah kontrak atau kesepakatan kerja yang jelas agar lebih aman.

12. Gunakan media sosial untuk berpromosi

Media sosial bisa menjadi tempat yang paling mudah dan murah buat berpromosi. Maksimalkan pemanfaatannya dengan baik.

13. Biarkan pasar mengenal merek Anda

Pasanglah banner atau baliho di toko Anda agar orang mudah mengenal mereknya. Anda juga bisa memakai nama merek tersebut sebagai profil picture di beberapa media sosial, membuatnya jadi kaos, atau aksesori agar makin banyak yang mengenalnya.

14. Pastikan mendapatkan review positif

Pastikan Anda mendapatkan review positif dari para pelanggan yang datang atau mereka yang sudah membeli. Ini akan meningkatkan kepercayaan mereka atas bisnis parfum Anda.

15. Berikan pelayanan terbaik

Saat menjalankan bisnis, sering kali pembeli harus berulang kali mengecek wangi yang mereka sukai. Layani dengan baik meskipun sudah puluhan kali mereka minta berganti wewangian.

16. Lengkapi jenis aromanya

Jenis aroma minyak ada banyak macamnya. Lengkapilah agar selalu ada dan tersedia ketika dibutuhkan sewaktu-waktu.

17. Berjualan di tempat strategis

Usaha parfum memang fleksibel dan bisa dilakukan dari mana saja. Namun, untuk mencapai kesuksesan, salah satu cara mudahnya adalah dengan membuat dan mendirikan toko di tempat yang strategis dengan akses yang bagus.

Demikian informasi tentang cara bisnis parfum dan analisa usahanya secara lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.