25 Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

  • by
Peluang usaha sampingan ibu rumah tangga

Peluang usaha sampingan sangat recommended buat Anda yang mau tambah cuan. Bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga, karyawan, hingga pengangguran.

Pilihan usahanya sangat banyak. Ada yang modalnya kecil, ada pula yang bermodal besar. Yang terpenting, Anda jeli dalam melihat peluangnya sesuai dengan kebutuhan pasar di sekitar Anda.

Kali ini, kami akan membahas beberapa pilihannya. Selanjutnya, terserah Anda mau memilih yang mana. Selamat menyimak.

Peluang usaha sampingan ibu rumah tangga

Peluang usaha sampingan ibu rumah tangga

Mari kita mulai pembahasannya dengan ide-ide bisnis buat IRT. Berikut ini adalah beberapa bisnis sampingan yang umumnya dikerjakan oleh IRT dan terbukti menghasilkan banyak uang:

1. Ikut MLM

Saat ini, ada banyak sekali ibu rumah tangga yang memilih menjadi member MLM. Tapi bukan sembarangan MLM. Bila ingin berhasil, Anda harus benar-benar selektif dalam menentukan usaha dengan sistem keanggotaan semacam ini.

Coba carilah bisnis yang sesuai dengan passion. Karena merupakan ibu-ibu, Anda bisa pilih MLM berbasis kecantikan atau peralatan rumah tangga.

Contohnya adalah Tupperware dan Oriflame. Bila menjadi anggota Tupperware, Anda tidak hanya bisa membeli produknya dengan harga miring, tetapi juga bisa menjualnya kembali dan mendapatkan untung dari sana.

Demikian juga dengan Oriflame. Anda bisa mendapatkan harga murah untuk membeli produk kecantikan. Juga, bisa dijual kepada orang non member dengan mengambil keuntungan sesuai dengan yang ditetapkan oleh perusahaannya.

Menariknya, Oriflame biasanya selalu mengadakan bonus dan promo-promo khusus untuk member. Misalnya bisa menebus produk murah tertentu jika bisa mencapai target bulanan.

Produk yang ditawarkan sebagai bonus juga ada hubungannya dengan rumah tangga. Contohnya adalah blender, penggiling daging, pemanggang, tas, dan yang lainnya.

Selain bisa mendatangkan keuntungan, bisnis ini bisa memberikan manfaat yang cukup banyak kepada pelakunya.

2. Jualan online

Jualan online juga menjadi salah satu peluang usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga dengan mudah. Untuk mengelolanya, Anda hanya butuh HP dan kemampuan berkomunikasi melalui chatting.

Supaya mudah dan modalnya kecil, silakan ambil kesempatan untuk menjadi dropshipper. Pasarkan produknya melalui platform media sosial seperti IG dan Facebook. Anggap saja seperti main sambil menemani anak dan mengurus rumah.

Selain itu, Anda juga bisa menjangkau orang-orang terdekat lewat update status di WhatsApp.

3. Buka jasa laundry

Buka jasa laundry

Dari pada setrika dan mesin cuci nganggur saat tidak digunakan, manfaatkan untuk membuka jasa setrika atau usaha laundry. Terima pesanan semampunya agar manajemen waktunya lebih mudah dan tidak mengganggu kegiatan di rumah.

4. Jualan kue

Apabila Anda punya kemampuan yang bagus dalam bidang baking dan membuat kue. Tak ada salahnya mencoba bisnis ini.

Pembuatan kue bisa dilakukan di sela-sela mengurus rumah. Kemudian, agar laku Anda bisa menitipkannya ke toko kue terdekat.

Cara lainnya, Anda bisa buka pesanan kue. Jadi, kerjanya hanya di saat ada pesanan saja. Soal jumlah pesanan, tinggal disesuaikan saja dengan kemampuan dan ketersediaan waktunya.

Adapun contoh kue yang bisa dijual adalah donat, kue basah, kue kering, kue ulang tahun, dan yang lainnya.

5. Buka kuliner jajanan untuk anak

Peluang bisnis ibu rumah tangga berikutnya adalah membuka usaha jualan jajanan anak-anak. Anda bisa memilih jajanan anak-anak yang siap saji seperti snack. Atau, jualan frozen food murah seperti sosis, tempura, dan lainnya.

Berjualan jajanan untuk anak ini cukup menguntungkan. Meski marginnya tergolong kecil, tapi kalau memang ditelateni, bisnisnya bisa berjalan lancar karena anak-anak memang suka jajan.

6. Bisnis hampers

Sekarang zamannya bikin hampers-hampers unik dan menarik. Untuk itu, apabila Anda punya keahlian membuat dan menghias hampers, akan sangat baik untuk dimanfaatkan.

Silakan cari produk yang tepat untuk dibuat hampers. Carilah yang paling laku keras seperti pakaian anak yang umumnya dipakai kado ketika berkunjung ke ibu-ibu yang baru saja melahirkan.

7. Jual makanan untuk sarapan

Berjualan makanan buat sarapan juga bisa dilakoni ibu rumah tangga tanpa mengganggu aktivitasnya di rumah. Betapa tidak, memasak untuk sarapan bisa dilakukan saat dini hari, mulai dari jam 2 pagi. Di saat ini, suami dan anak masih tidur jadi bisa fokus memasak di dapur.

Selanjutnya, saat pagi hari sarapannya sudah siap dan tinggal dijual saja.

Anda hanya perlu mengatur waktu pagi untuk membantu anak berangkat sekolah dan suami berangkat kerja saja. Yang terpenting, kegiatan utama (memasak) sudah dilakoni dengan baik.

Jualannya bisa di rumah saja sehingga tidak akan mengganggu kegiatan.

8. Jasa jahit/permak

Jika Anda punya keahlian untuk menjahit pakaian, maka menyediakan jasa jahit untuk orang di sekitar juga sangat kami sarankan. Pasalnya, potensi usaha ini cukup besar karena bisa dilakoni dalam berbagai versi.

Bisnis Jasa jahit permak

Di antara contoh usahanya adalah dengan membuka jasa jahit baju, permak jeans, atau bekerja sama dengan konveksi terdekat untuk menjahitkan produk-produk mereka.

Soal harga jasa jahit, tentu harus dibedakan kapan menjahit untuk perorangan atau menjahit buat borongan.

Keahlian semacam ini cukup langka, terlebih di kota besar. Maka, persaingannya tidak terlalu banyak dan hanya yang punya keahlian saja yang bisa melakoninya.

9. Buat produk kreatif

Apabila Anda suka menciptakan sesuatu yang unik dan kreatif, maka peluang usaha sampingan modal kecil yang dapat dilakukan berikutnya adalah membuat produk-produk kreatif. Adapun contohnya adalah tas belanja, suvenir, atau yang lainnya.

Penjualannya bisa dilakukan secara offline maupun online. Kalau mau online, silakan langsung buka toko di marketplace dan maksimalkan sosial media.

10. Penitipan anak

Dari pada di rumah hanya mengurus rumah dan anak, cobalah terima penitipan anak. Apabila ada tetangga yang super sibuk di kantor mau menitipkan, bukankah ini menjadi rezeki tersendiri.

Terlebih jika Anda juga punya anak di rumah dan mainannya tidak terlalu terpakai. Biar menghasilkan, biarkan mainan itu juga dipakai oleh anak-anak yang dititipkan kepada Anda.

Awalnya mungkin bisa menerima satu atau dua anak, tapi pada kelanjutannya Anda bisa menerima sampai puluhan anak dan mempekerjakan orang.

11. Katering rumahan

Selain kue dan sarapan, bisnis makanan berikutnya yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga sebagai peluang usaha sampingan adalah katering rumahan. Katering ini secara khusus melayani kebutuhan rumah tangga yang tidak sempat masak.

Jasa Katering rumahan

Anda bisa mencari pelanggan di rumah-rumah dan menyediakan menu pagi, siang, dan malam buat mereka. Biar makin luas jangkauan bisnisnya, silakan bekerja sama dengan lembaga tertentu untuk menyediakan makan siang untuk karyawan mereka.

12. Jadi penulis online

Keahlian menulis tidak selalu bisa dimanfaatkan dengan menulis buku kemudian dijual. Anda juga bisa bekerja sama dengan penyedia situs online atau agen penulis untuk mendapatkan honor bila berhasil menulis artikel tertentu.

Kesempatan seperti ini terbuka lebar baik untuk ibu rumah tangga maupun karyawan yang bisa menyisihkan waktunya buat menulis.

13. Sewa pakaian

Tidak ada yang menyangka jika usaha persewaan pakaian sangat menguntungkan dan bisa mendatangkan banyak cuan. Hal ini sudah terlihat pada pakaian untuk pernikahan seperti kebaya dan gaun pesta lainnya.

Apabila Anda punya passion di sini, silakan siapkan etalase untuk menyimpan pakaian. Soal pilihan pakaiannya Anda bisa tentukan sendiri berdasarkan permintaan pasar yang ada di lingkungan Anda.

Contohnya adalah pakaian adat untuk anak-anak, pakaian wisuda, hingga pernikahan.

Itulah beberapa contoh usaha yang menjanjikan buat para ibu rumah tangga. Sebenarnya, bisnis-bisnis di atas juga bisa dijalankan oleh non IRT asalkan ada tekat dan waktu untuk melakukannya.

Jenis usaha sampingan bagi pemula yang menjanjikan, semua bisa coba!

Terkadang, untuk memulai sesuatu dibutuhkan niat dan tekat yang kuat. Tak terkecuali untuk bisnis sampingan. Jadi, selamat mencoba bisnis sampingan di bawah ini:

14. Jualan pulsa dan paket internet

Berjualan pulsa dan paket internet sangat menguntungkan sebab ini merupakan kebutuhan pokok di era sekarang. Dalam satu rumah, pemilik HP ada lebih dari satu orang dan masing-masing butuh beli paket internet minimal sebulan sekali.

Belum lagi, mereka perlu mengisi pulsa sekedar untuk menambah masa aktif atau berkomunikasi via telepon melalui jaringan seluler.

Untuk berjualan ini, Anda bisa melakukannya sambil bekerja karena semuanya bisa via online. Apalagi umumnya, selain berjualan pulsa dan paket internet, Anda juga bisa melayani pembayaran BPJS hingga PLN. Artinya, kans untuk mendapatkan keuntungan makin banyak.

15. Agen asuransi

Meski tidak begitu terlihat, faktanya banyak karyawan, ibu rumah tangga, atau yang lainnya melakoni bisnis agen asuransi. Mereka menjadi agen asuransi tertentu seperti Prudential atau yang lain.

Jenis usaha sampingan bagi pemula yang menjanjikan semua bisa coba agen asuransi

Pekerjaan ini bisa disambi dengan yang lain. Contohnya adalah karyawan bank yang bisa menawarkan asuransi kepada nasabah-nasabahnya. Juga, karyawan perusahaan leasing yang menawarkan asuransi jiwa kepada konsumen leasing-nya.

16. Membuat blog

Di sela-sela kegiatan, Anda yang punya keahlian menulis atau hobi menceritakan sesuatu bisa menekuni bisnis ini. Membuat blog menjadi aktivitas yang cukup mengasyikkan karena selain bisa menekuni hobi, Anda juga bisa sekalian belajar mengenai SEO yang selalu mengalami perkembangan.

Membuat blog

Soal penghasilan, Anda bisa mendapatkannya dari endorse atau mendaftarkan situsnya di Google Adsense supaya bisa menghasilkan uang bulanan.

17. Buka franchise

Bisnis waralaba juga bisa menjadi pilihan yang pas buat dijalankan sebagai peluang usaha sampingan. Ada banyak pilihan franchise yang dapat dipilih, misalnya makanan, minuman, atau yang lainnya.

Yang perlu Anda lakukan hanya memilih usaha franchise-nya saja. Proses pemilihannya bisa didasarkan pada waktu senggang yang dimiliki.

Jika Anda karyawan kantoran yang punya jam kantor pagi sampai sore, maka pilih franchise yang bisa dibuka di malam hari. Misalnya martabak, terang bulan, kebab, burger, atau yang lainnya. Makanan ringan hangat semacam ini juga laris manis.

18. Jual beli motor bekas

Melayani jual beli motor bekas tak melulu harus ada motornya. Anda bisa cukup jadi perantaranya saja. Bisnis ini bisa dilakukan oleh seseorang yang punya network atau jaringan yang luas.

Dengan banyak kenalan, Anda bisa menjadi penghubung antara kenalan satu dengan kenalan lainnya saat mereka membutuhkan motor-motor bekas.

Hal demikian juga berlaku untuk mobil bekas. Nah, nantinya sistem pendapatannya adalah komisi. Anda bisa mendapatkan komisi dari barang yang berhasil dijual.

19. Buka warkop sederhana

Warung kopi bisa jadi tempat nongkrong yang asyik buat anak muda. Anda bisa membukanya di sekitar kampus untuk mengumpulkan komunitas-komunitas tertentu.

Peluang usaha sampingan ini cocok dijalankan oleh karyawan dengan mempekerjakan karyawan. Supaya modalnya kecil, silakan buka bisnis warkop yang sederhana.

Yang perlu diketahui, bisnis semacam ini biasanya memiliki profit margin yang tinggi. Meski begitu, Anda tetap harus hati-hati mengelola keuangannya agar bisa menghasilkan banyak cuan.

20. Buka jasa arsitek rumah

Khusus buat Anda yang punya keahlian menggambar dan mendesain rumah. Apabila sudah punya pekerjaan di kantor, maka untuk menambah cuan silakan buka jasa arsitek rumah secara pribadi dan kerjakan di sela-sela tugas kantor.

Buka jasa arsitek rumah

Misalnya dengan mengerjakannya saat sudah pulang kantor atau di hari libur.

Proses pengerjaan desain semacam ini biasanya per proyek sehingga tinggal disesuaikan saja dengan ketersediaan waktu masing-masing orang. Mau menerima proyek yang banyak atau sedikit tinggal sesuaikan dengan load kerja Anda.

Jasa arsitek rumah biasanya tidak melulu soal denah rumah, tetapi juga gambar versi 3D. Untuk keahlian yang lengkap, mungkin akan dibutuhkan tim.

21. Jasa desain grafis

Jasa desain grafis

Kalau punya keahlian mendesain grafis, misalnya buat undangan, majalah, atau yang lain, coba bukalah desain. Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan desain yang sudah ternama dan bisa dicari secara online. Bisa juga menjual desain yang sudah dibuat di beberapa platform secara online.

22. Buka kursus digital

Saat ini, dunia digital terus mengalami perkembangan. Masalahnya, banyak orang yang belum bisa mengikuti perkembangan tersebut.

Apabila Anda merasa punya keahlian lebih di bidang digital, maka tidak ada salahnya untuk membuka kursus khusus untuk orang-orang yang gaptek tersebut.

Soal waktu kursusnya tinggal disesuaikan saja dengan waktu senggangnya. Kalau memang bisanya hanya di weekend, maka buka kursusnya di weekend.

23. Jualan software

Khusus untuk anak TI atau yang punya keahlian membuat software, dari pada mencari pekerjaan tak kunjung dapat mending bikin software sendiri kemudian dijual. Software-nya harus yang bermanfaat sehingga banyak yang akan mencarinya.

Selain software Anda juga bisa main aplikasi online. Aplikasi ini bisa didaftarkan untuk diri sendiri dengan memperoleh penghasilan melalui iklan yang tampil saat aplikasinya diunduh orang.

Di samping itu, Anda juga bisa buka jasa pembuatan software dan aplikasi. Nantinya, orang-orang yang tidak bisa membuat produk semacam ini bisa memesan kepada Anda dengan ide dan skema sesuai yang mereka inginkan.

Anda hanya perlu membahasakannya dalam bentuk aplikasi dengan keahlian bahasa pemrograman yang dimiliki.

24. Rental motor dan mobil (sistem kerjasama usaha sampingan)

Peluang usaha sampingan yang satu ini menggunakan sistem kerja sama. Misalnya, Anda punya kendaraan motor dan mobil. Alih-alih menggunakan keduanya, Anda bisa pilih salah satu saja sementara yang lain bisa disewakan.

Untuk keperluan sehari-hari seperti ke kantor atau beraktivitas lainnya Anda bisa menggunakan motor, sementara mobilnya dititipkan ke teman atau mitra yang membuka rental mobil.

Pastikan membuat perjanjian kerja sama yang saling menguntungkan agar cuan yang dihasilkan juga maksimal.

25. Jasa terjemah

Jika Anda menguasai banyak bahasa, tidak ada salahnya mencoba membuka jasa terjemah. Bisnis ini akan makin menguntungkan jika bahasa yang dikuasai ada beragam. Misalnya bahasa inggris, Korea, bahasa arab, mandarin, dan yang lainnya.

Penawaran jasa terjemah ini bisa dilakukan secara online. Bahkan, sudah ada yang menjualnya di marketplace-marketplace.

Itulah beberapa pilihan peluang usaha sampingan yang menjanjikan dan dapat menghasilkan banyak uang. Silakan pilih salah satu yang paling sesuai dengan keahlian dan kondisi pasar. Semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *