15 Ide Peluang Usaha Kerajinan yang Hasilkan Cuan Melimpah

  • by
Analisis peluang usaha kerajinan

Yuk coba peluang usaha kerajinan karena mayoritas ide kreatif selalu dihargai mahal meski modal yang dikeluarkan kecil. Usahanya bisa dilakukan di rumah secara fleksibel. Cek pilihan usahanya dalam artikel ini.

Sesuai namanya, bisnis ini mengandalkan skill dari pelakunya untuk memunculkan ide kreatif dan membuat sebuah karya unik yang layak untuk dijual.

Karya tersebut bisa berupa barang yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, bisa juga dalam bentuk aksesori atau hiasan semata.

Apa pun bentuk kerajinannya, yang jelas ini merupakan karya seseorang yang biasanya dihargai dengan mahal. Tergantung hasil dan kualitas dari karyanya.

Bisnis ini sangat cocok buat para ibu-ibu atau karyawan yang baru saja mengundurkan diri dari perusahaan. Asalkan memiliki skill dan mampu membuat karya layak jual, maka bisnisnya jelas bisa dimulai dari mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang usaha kerajinan tangan, mulai dari pengertian, analisis, hingga contoh usahanya. Selamat menyimak.

Usaha kerajinan adalah

Usaha ini sering disebut dengan bisnis handicraft, ialah suatu bisnis yang berasal dan dimulai dari hobi dan kreativitas seseorang.

Usaha kerajinan adalah

Bisnis ini mengubah suatu barang yang tadinya tidak bernilai jual menjadi barang atau produk yang nilai jualnya tinggi.

Contoh sederhananya adalah suvenir yang berasal dari benda bekas atau oleh-oleh khas dari batok kelapa.

Sebagaimana diketahui, batok kelapa merupakan contoh barang yang tidak punya nilai jual tinggi. Ketika sudah disulap dalam bentuk suvenir yang cantik, maka nilainya menjadi berlipat-lipat.

Namun, perlu diketahui bahwa nilai akhir dari produk tersebut juga tergantung pada beberapa faktor. Di antaranya adalah hasil pembuatannya, ide kreatifnya, hingga target pasar dari produknya.

Analisis peluang usaha kerajinan

Sebagaimana disampaikan di atas, peluang usaha kerajinan ini memiliki kans yang cukup bagus di Indonesia. Oleh karena itu, ada cukup banyak orang yang telah menjalankannya dan bisa dibilang berhasil.

Analisis peluang usaha kerajinan

Di bawah ini kami rangkum beberapa potensi dan risiko dari peluang bisnis ini:

Potensi usaha kerajinan

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat jenis bisnis ini sangat potensial:

  • Hanya dilakukan oleh orang yang punya ide kreatif sehingga pesaingnya tidak terlalu banyak.
  • Modalnya kecil.
  • Penghasilannya besar. Tergantung target pasar.
  • Bisa dijual dengan harga yang sangat tinggi tergantung pasar yang dikehendaki.
  • Profit marginnya bisa fleksibel sesuai kebutuhan.
  • Bisa mengolah benda yang berasal dari limbah sehingga turut menjaga kelestarian alam.

Selain hal-hal di atas, masih banyak contoh hal positif yang membuat usaha ini cukup potensial.

Risiko bisnis handicraft

Di samping potensinya yang besar, Anda juga harus siap dengan risiko atau tantangan dari usaha ini. Salah satu hal yang perlu diwaspadai adalah bahwa terkadang produk yang laku hanyalah yang sedang booming saja.

Saat masa produknya selesai, maka sulit untuk menemukan pasar buat bisnisnya.

Maka dari itu, penting sekali untuk memilih produk yang tidak musiman, yakni produk-produk yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Produk tersebut harus dikemas dengan menarik supaya bisa menghasilkan uang dalam jumlah banyak.

Selain itu, tantangan lain yang perlu dihadapi adalah skill. Skill yang pas-pasan akan menghasilkan produk dengan kualitas yang seadanya. Maka dari itu, penting sekali untuk update ilmu dan mengasah kemampuan agar semakin mahir menciptakan karya.

Anda juga harus hati-hati dengan plagiasi jika melakukan peluang usaha kerajinan ini. Pasalnya, di usaha industri kreatif semacam ini sangat banyak sekali terjadi plagiat, pencurian ide, dan pembajakan.

Ide dan peluang usaha kerajinan tangan yang menghasilkan uang

Ide dan peluang usaha kerajinan tangan yang menghasilkan uang

Di bawah ini adalah beberapa contoh bisnis handicraft yang menjanjikan dan bisa menghasilkan uang dalam jumlah banyak:

1. Aksesori perhiasan

Anda bisa mencoba membuat kalung atau gelang manik-manik. Kemudian menjualnya sebagai bentuk aksesori perhiasan buat anak-anak.

Atau, jika ingin mendapatkan lebih banyak uang, cobalah berbisnis mutiara atau perak. Buat sedemikian rupa sehingga produknya menarik dan elegan sehingga pantas dihargai mahal.

2. Lilin hias atau lilin aromaterapi

Inilah salah satu contoh peluang usaha kerajinan tangan yang tidak ada matinya. Lilin hias dengan aneka bentuk dan warna umumnya dicari oleh pembeli untuk menghias rumah atau sebagai aksesori rumah mereka. Ada juga yang memang membelinya untuk tempat usaha.

Sedangkan lilin aromaterapi juga sangat dibutuhkan untuk menciptakan suasana rileks dalam sebuah ruangan. Pembelinya bisa perorangan untuk dipakai di rumah, bisa juga orang yang punya usaha.

3. Peluang usaha kerajinan tanah liat, membuat gerabah

Dari dulu, gerabah merupakan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Namun perlu diketahui bahwa gerabah yang dibutuhkan pada masa lalu dengan masa sekarang jelas mengalami perubahan.

Jika dulu warna gerabah tidak terlalu diperhatikan oleh pembelinya, kini estetika dari penampilan gerabah menjadi hal utama yang dilihat ketika membeli.

Maka dari itu, jika Anda punya kemampuan membuat gerabah, silakan manfaatkan untuk membuat piring, mangkok, hingga produk lain dengan tampilan yang menarik dan estetik sehingga harganya bisa mahal.

4. Membuat tas rajut atau totebag rajut

Meski terlihat remeh, tapi ternyata permintaan akan tas rajut itu sangat tinggi. Selain itu, harga tasnya juga sangat mahal apabila kualitas produknya sangat bagus.

Untuk tas berukuran kecil saja, ada yang menjualnya seharga 125 ribu rupiah. Sangat layak untuk dicoba, khususnya buat ibu-ibu yang ada di rumah.

Pasalnya, bisnis ini sangat fleksibel dan bisa dijalankan dari rumah dengan mudah.

5. Jasa menggambar mural

Mungkin tidak akan ada yang berpikir bahwa keahlian mural bisa memberikan penghasilan buat pengrajinnya.

Keahlian menggambar mural merupakan keahlian yang kini banyak dicari. Menyusul area terbuka semakin banyak dan perlu hiasan agar tidak tampak kosong.

Belum lagi, ada banyak kafe yang ingin konsep usahanya “bebas” sehingga membutuhkan gambar mural di salah satu sudut dinding usahanya. Untuk itu, Anda bisa mencoba membuka jasa ini sekarang.

6. Membuat lampion hias

Berjualan lampion hias ternyata juga tidak ada matinya. Sebab, produk ini dibutuhkan oleh kafe hingga rumah-rumah saat sedang masa tahun baru, agustusan, atau perayaan lainnya.

7. Kerajinan rotan

Rotan merupakan salah satu bahan yang bisa dibuat menjadi banyak barang dengan nilai jual tinggi. Mulai dari hiasan hingga furnitur. Anda bisa dengan mudah menemukan tempat tisu, kursi, kursi goyang, meja, dan yang lainnya dari bahan dasar rotan.

Biasanya, produk ini dibutuhkan oleh rumah tangga, bisa juga dibutuhkan oleh vendor-vendor dekorasi pengantin. Selain itu, ada juga kafe yang membutuhkannya, menyesuaikan dengan konsep kafe atau rumah makan yang diusung.

8. Kerajinan dari kain flanel

Kain flanel bisa disulap menjadi banyak barang di tangan orang-orang kreatif. Peluang usaha kerajinan ini sangat menjanjikan karena terbukti menghasilkan banyak uang. Anda bisa membuat mainan anak dari kain flanel, bisa juga dibentuk menjadi bunga, atau aksesori lainnya.

Apabila tertarik, coba saja mulai cari tahu cara membuat produknya. Peluang usaha kerajinan kain flanel ini sangat direkomendasikan karena cocok buat pemula. Pasalnya, ilmu dan teknik pembuatannya mudah dipelajari.

9. Mendaur ulang sampah plastik

Ini adalah salah satu contoh ide dan peluang usaha kerajinan dari bahan limbah. Betapa tidak, plastik yang hanya bisa terurai selama ratusan tahun ketika dibuang bisa disulap menjadi barang keren dan unik yang bermanfaat.

Adapun contoh usahanya adalah membuat baju unik dari sampah plastik, membuat bunga, bunga, tanaman yang lucu, keranjang sampah, helikopter mainan, dan yang lainnya.

Masih banyak ide lain yang bisa Anda coba, tergantung dari jenis sampah plastiknya.

10. Membuat bantal karakter

Bantal karakter kini menjadi salah satu produk yang tren dan booming. Untuk membuatnya, Anda bisa memakai bahan-bahan seperti yelvo hingga flanel. Silakan pelajari cara DIY-nya apabila berminat mencoba bisnisnya. Pasalnya, profit margin bisnis ini sangat besar.

11. Sabun home made

Sabun home made dengan bentuk dan wangi yang beraneka macam juga menjadi salah satu contoh peluang usaha kerajinan yang menjanjikan di era sekarang.

Ada banyak orang yang membutuhkannya. Misalnya untuk suvenir pernikahan atau kepemilikan pribadi.

12. Membuat bunga kertas

Kertas juga menjadi contoh barang yang bisa disulap menjadi produk bernilai tinggi dengan dibentuk menjadi bunga. Dengan berubah bentuk semacam ini, Anda bisa menjadikannya sebagai hiasan di atas meja atau di sudut ruangan.

13. Kerajinan kayu dan tong

Kayu bisa diubah menjadi furnitur atau sering kita kenal dengan nama usaha mebel. Lantas, bagaimana dengan kayu-kayu sisa dari usaha mebel tersebut? Anda bisa menggunakannya untuk membuat rumah burung kecil atau asesoris kecil lainnya.

Yang terbaru dan sangat menguntungkan, Anda bisa menggunakannya untuk membuat mainan anak-anak. Biasanya adalah membuat mainan edukasi dari balok kayu yang disusun. Bisa juga membentuknya menjadi mainan profesi seperti alat dokter, dan yang lainnya.

14. Membuat bros dan aksesori rambut

Bros bisa dibuat dari flanel, kain, hingga pita. Anda bisa memilih bahan yang paling sesuai dengan keahlian atau kebutuhan pasar. Mana yang paling tinggi permintaannya.

Yang jelas, biasanya kemampuan untuk membuat hal-hal semacam ini bisa dimanfaatkan dalam lebih dari satu produk. Misalnya, membuat aksesori rambut buat anak-anak, membuat mahkota, atau yang lainnya. Tinggal sesuaikan saja dengan kreativitas masing-masing.

15. Peluang usaha kerajinan dari sisa kain atau kain perca

Kain adalah salah satu contoh limbah dari bisnis konveksi. Kain perca dari usaha ini bisa dimanfaatkan menjadi barang yang nilainya tinggi. Contohnya adalah dengan membuat tas kain perca, tali rambut dari kain perca, hingga cepol rambut yang biasanya digunakan untuk mempercantik jilbab.

Silakan keluarkan ide kreatif agar kain yang tadinya tidak bernilai dan lebih banyak dibuang menjadi sesuatu yang bernilai jual tinggi. Misalnya dengan membuat baju atau jaket.

Cara menjalankan peluang usaha kerajinan

Cara menjalankan peluang usaha kerajinan

Agar sukses menjalankan peluang bisnis ini, Anda harus membuat perencanaan yang matang. Di bawah ini kami rangkum beberapa tips dan caranya:

  • Jika modalnya terbatas, usahakan untuk memilih produk dengan segmentasi pasar yang jelas dan permintaannya cukup tinggi. Misalnya produk untuk anak-anak atau remaja.
  • Temukan ikon sebagai ciri khas produk Anda.
  • Berikan sentuhan pribadi pada produk tersebut agar lebih menyatu dengan diri Anda.
  • Buatlah kemasan yang cantik sehingga produk kesan daur ulangnya tidak terasa lagi.
  • Ikutlah bazar untuk mengenalkan produk.
  • Buatlah website untuk mempromosikan dan membagikan segala sesuatu tentang produk kerajinan tangannya.
  • Manfaatkan dan maksimalkan sosial media untuk memamerkan hasil karya.
  • Mulailah dari hobi agar kreativitasnya terus mengalir tanpa harus memaksa diri.
  • Jika memang sudah mentok dengan ide, jangan lupa untuk terus recharge dengan banyak membaca dan melihat dari berbagai sumber.
  • Berpikiran terbuka dengan hal-hal baru.
  • Selalu berinovasi.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya peluang usaha kerajinan tangan ini makin sukses dan tidak gulung tikar. Yang terpenting, tetap berdoa dan jangan menyerah saat usahanya sedang surut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.